Ikut Serta Rayakan Tradisi Petik Laut, Ali Mustofa Apresiasi Kekompakan Masyarakat Muncar


Banyuwangi Zone - Untuk mengungkapkan rasa syukur terhadap alam semesta terutama laut, warga Kecamatan Muncar, Banyuwangi melakukan tradisi tahunan yakni "Petik Laut" di timur pulau jawa pada Selasa, 2 Agustus 2023.


Masyarakat dengan mayoritas penghasil ikan ini mengungkapkan rasa terimakasih dengan berbagai macam kegiatan, mulai pasar malam, pameran serta berbagai acara yang dapat meningkatkan ekonomi warga kota ikan Muncar.


Kekompakan warga ini mendapat apresiasi berbagai pihak, termasuk Politisi NasDem Banyuwangi yang asli kelahiran Kota Ikan, Ali Mustofa. Dirinya haru tatkala melihat kegiatan tahunan ini, lantaran guyup rukun dan kekompakan warga dalam mensukseskan kegiatan rutin ini, hingga berlangsung meriah.


Dirinya juga rela berpanas panasan bersama warga untuk ikut memeriahkan "hari raya" masyarakat muncar yang selalu di nanti.


"Alhamdulillah rame, saya salut melihat kekompakan masyarakat yang guyub rukun, momen ini yang selalu di kangeni," kata pria yang akrab di sapa Bang Ali itu.


Nampak kemeriahan serta padatnya pengunjung sehingga acara tersebut disebut sebagai ikon kegiatan masyarakat nelayan Muncar. 


Dirinya setiap penanggalan jawa 15 Suro atau muharam ini selalu menyempatkan waktu luwang untuk terlibat langsung dalam kesibukan untuk mensukseskan ini.


"Saya pasti kosongkan jadwal bila mana ada kegiatan ini mas," kata pemuda yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Fraksi NasDem Banyuwangi.


Selain itu, Ali seusai melaksanakan prosesi petik laut juga disibukan dengan tamu yang datang ke kampung halamannya melihat tradisi turun temurun itu.


"Kalau sudah selesai pasti di rumah nerima tamu, karena banyak teman yang datang ke sini ahirnya mampir," ucap pria yang saat ini akan Maju di DPRD Provinsi Jatim dapil Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso itu.


Dirinya berharap kegiatan ini berlangsung hingga anak turun, yang terpentin bisa meningkatkan taraf hidup warga, sehingga terjadi gejolak positif peningkatan ekonomi.


"Ini ribuan orang yang hadir disini, yang pasti juga belanja di sini entah oleh oleh dan berbagi kuliner yang ada, harapannya bisa meningkatkan ekonomi dan berdampak pada masyarakat disini," ungkapnya penuh haru.



Dalam hal tersebut nampak kompak dan solit berkoordinasi sesama partai Nasdem untuk memenangkan caleg dari partai dengan tema kerakyatan "kopine panas atine adem" Slogan dari Rumah Rakyat yang berada di jalan raya Muncar-Srono desa Tembokrejo yang sudah populer dimata warga Banyuwangi. 


Post a Comment

Silahkan beri tanggapan artikel ini, dengan bijak dan santun...

Previous Post Next Post