100 Lebih Penumpang KMP Gerbang Samudra Berhasil di Evakuasi

Tim SAR melakuakan evakuasi penumpang

Banyuwangi Zone - Hingga Minggu malam, Kondisi kapal KMP Gerbang Samudera II masih berada di lokasi kandas. Pihak Kantor Unit Pengelola Pelabuhan (KUPP) Gilimanuk, Bali memastikan evakuasi kapal belum bisa dilakukan malam ini.


Kepala KUPP Gilimanuk, Bali, Made Oka menyatakan, seluruh penumpang kapal penyeberangan ini sudah seluruhnya dievakuasi. Namun posisi kapal masih kandas. "Untuk mengevakuasi itu besok kita usahakan, kita telepon owner-nya untuk menarik kapal ini," jelasnya, Minggu, 17 September 2023.


Dijelaskannya, meski penumpang sudah dievakuasi, namun barang-barang dan kendaraan masih berada di dalam kapal. "Semua kendaraan masih di kapal, kita belum bisa evakuasi itu," katanya.


Ada beberapa kendala yang membuat evakuasi kapal tidak bisa dilaksanakan pada malam ini. Menurutnya, saat ini sudah gelap sehingga tidak memungkinkan dilakukan proses penarikan kapal.


Berikutnya, faktor pasang surut air laut. Dia menyebut, pada saat kapal kandas, posisi air laut sedang pasang. Sehingga air laut masih tinggi. Pihaknya masih menunggu tug boat yang didatangkan pemilik kapal untuk menarik kapal. "Mudah-mudahan besok pada saat air pasang kita bisa menarik," tegasnya.


Untuk diketahui, KMP Gerbang Samudera II kandas sekitar 700 meter dari Pelabuhan Gilimanuk, Minggu, 17 September 2023 siang. Peristiwa ini terjadi saat kapal berlayar dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi menuju Pelabuhan Gilimanuk, Bali. Kapal ini kandas setelah kapal tersebut mengalami mati mesin.


Kapal sempat hendak melego jangkar, namun karena arus yang kuat akhirnya kapal kandas. Seluruh penumpang kapal dinyatakan selamat setelah berhasil dievakuasi Tim SAR gabungan.




Post a Comment

Silahkan beri tanggapan artikel ini, dengan bijak dan santun...

Previous Post Next Post