Kemarau Panjang Ancam Sektor Pertanian, Petani Kesulitan Air

Tanaman jagung petani di Banyuwangi

Banyuwangi Zone - Panas berkepanjangan, mengakibatkan beberapa wilayah di Indonesia kekurangan air atau kekeringan. tak terkecuali di Kabupaten Banyuwangi, Bahkan kekeringan sudah mengancam sektor pertanian.


Seperti yang di keluhkan petani di Desa Kedungasri, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi, yang merasakan kesulitan air sebulan terahir, lantaran sawah yang biasanya teraliri air dari sungai setail kini mulai mengalami kekeringan. 


Sehingga mengakibatkan sawah di area mengalami kekeringan dan mengakibatkan tanaman tidak normal. "Tanamannya gak dapat air jadinya kayak itu mas," kata Muhtar petani janggung. Jumat (13/10/2023).


petani berharap ada solisi atas peristiwa El Nino yang di prediksi BMKG akan berlangsung hingga bulan desember nanti.


"Sudah pupuk sulit, air juga sulit, beginilah derita petani," keluhnya.


Ali Mustofa, Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Banyuwangi

Sementara itu Ketua Komis II DPRD Banyuwangi Ali Mustofa meminta semua pihak memperhatikan sektor pertanian di Bumi Blambangan. lantaran sektor pertanian adalah sektor penting di yang ada di ujung timur pulau jawa. 

Cita-cita swasembada pangan  di kabupaten dengan luasnya lahan pertanian ini tak akan tercipta bila mana pemerintah tutup mata atas keluhan petani. 

“sudah seharusnya ada alternatif agar petani di wilayah paling timur ini tidak mengalami kekeringan. belum lagi petani yang mengeluhkan kesulitan mendapatkan pupuk subsidi," terang Ali Mustofa. 

langkah cepat dari pemerintah daerah segera di ambil, agar gagal panen pada petani tidak terjadi. "ibarat jatuh tertimpa pohon, Pupuk sulit, Air Sulit gagal panen lagi, kan kasihan," pungkas pria asal Kecamatan Muncar yang kini maju DPRD Provinsi Jawa Timur.

Post a Comment

Silahkan beri tanggapan artikel ini, dengan bijak dan santun...

Previous Post Next Post