Sonny T Danaparamita, Bersama BKPM, Gelar Sosialisasi Peningkatan PMDN Ke Pelaku UMKM Banyuwangi

Sonny T Danaparamita, Bersama BKPM, Gelar Sosialisasi Peningkatan PMDN Bagi Pelaku UMKM Banyuwangi

BANYUWANGIZONE.COM -
Anggota DPR RI Komisi VI Fraksi PDI Perjuangan, Sonny T Danaparamita, bekerjasama dengan Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM) menggelar sosialisasi dengan tema "Konsolidasi daerah dalam rangka peningkatan PMDN" dengan menggundang para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Banyuwangi pada Rabu, (11/10/2023) kemarin.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di Ballroom Hotel Tanjung Asri Banyuwangi, dihadiri langsung oleh Sonny T Danaparamita selaku Anggota DPR RI dari Dapil Jatim III (Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi), dan dimoderatori oleh Erik Trisdiantana (Direktur Rumah DEGIRI Banyuwangi).

Dalam sambutannya, Sonny mengungkapkan bahwa pelaku UMKM harus mengenal tentang apa itu PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) yang menjadi salah satu upaya untuk mengingkatkan nilai investasi dan mendongkrak ekonomi daerah.

"Saya ingin bapak ibu para pelaku UMKM ini bisa mengerti tentang apa itu PMDN, yang mana hal itu bisa meningkatkan nilai investasi dan mendatangkan modal dari para investor agar produk-produk UMKM yang bapak ibu miliki bisa berkembang dan harapannya akan berdampak pula pada peningkatan ekonomi daerah," terangnya.

Menurut Politisi PDI Perjuangan tersebut, PMDN tidak saja untuk meningkatkan investasi saja. Tapi, di dalamnya ada koordinasi Pemerintah dengan UMKM yang fungsinya juga sebagai alat pantau dan pengawasan investasi.

"Untuk meningkatkan PMDN, Pemerintah perlu berkoordinasi dengan para pelaku UMKM sebagai alat untuk mengambil kebijakan yang berpihak pada pelaku usaha demi mengembangkan usahanya," jelas Sonny.

Sementara itu, Rakhmat Yulianto, Penata Kelola Penanaman Modal Ahli Madya BKPM yang hadir sebagai narasumber via zoom meting, mengatakan bahwa pihaknya akan berusaha untuk mendorong peran Pemerintah Daerah, agar dapat melakukan perluasan investasi demi mendukung para pelaku
UMKM khususnya yang ada di Banyuwangi agar dapat meningkatkan PMDN.

"Pada prinsipnya, kami akan berupaya untuk mendorong Pemerintah Dareah agar mendukung penuh kemudahan dalam berinvestasi, yang diperuntukan bagi pelaku UMKM, dengan harapan, langkah tersebut dapat meningkatkan dan mendorong pertumbuhan ekonomi,” pungkasnya

Post a Comment

Silahkan beri tanggapan artikel ini, dengan bijak dan santun...

Previous Post Next Post